Pages

Minggu, 03 Februari 2013

Enam Naga Akan Meriahkan Cap Go Meh


Senin, 04 Februari 2013 - 07:42:26 WIB

Enam Naga Akan Meriahkan Cap Go Meh
Diposting oleh : Administrator
Kategori: Umum 

komhukumimage
Komhukum (Pontianak) - Enam replika naga sudah didaftarkan untuk memeriahkan perayaan puncak Imlek dan Cap Go Meh (hari ke-15 Imlek), di Kota Pontianak. Ibukota Kalimantan Barat itu memang memiliki banyak warga keturunan China.

Asisten II Bidang Administrasi dan Pembangunan, Setda kota setempat, Uray Indra Mulya, menyatakan, "Dari informasi yang saya dapat dari ketua panitia perayaan Cap Go Meh (CGM) 2013, keenam naga itu dari Yayasan Pemadam Kebakaran di Pontianak."



Dalam penyusunan berbagai acara dalam menyambut perayaan CGM di Pontianak, pihaknya telah beberapa kali melakukan pertemuan terkait penyusunan final perayaan CGM tahun 2013 di Pontianak, sejalan Imlek 2654.

Adapun serangkaian acara pada CGM tahun 2013, yakni mulai Jumat (22/2) ritual replika naga buka mata di Kelenteng Kwan Ya Keng Jalan Diponegoro mulai pukul 07.00-09.00 WIB, kemudian pada sore harinya, mulai pukul 17.00-22.00 WIB hiburan musik tradisional China, Tandijor, musik Dayak dan lain-lain.

Kemudian, Sabtu (23/2) masing-masing replika naga yang dimiliki oleh Yayasan Pemadam Kebakaran di Pontianak akan melakukan kunjungan kepada donatur-donatur, kemudian pada sore harinya, mulai pukul 17.00-22.00 WIB hiburan musik tradisional China, Tanjidor, musik Dayak dan lain-lain.

Hari puncaknya, yakni Minggu (24/2), yakni naga yang sudah menjalani ritual buka mata diarak keliling kawasan pecinan di Jalan Gajah Mada dan Tanjungpura Pontianak, disertai pawai budaya nusantara, kemudian sekitar pukul 19.30 WIB para naga itu beratraksi di depan Kantor Walikota Pontianak, Jalan Rahadi Oesman atau Taman Alun-alun Kapuas.

"Tahun ini, perayaannya akan lebih meriah dari biasanya. Berbagai gelaran akan digelar seperti festival kuliner, panggung rakyat atau pasar malam dan perayaan naga dengan pawai budaya nusantara," ujar dia.

Ia berharap, kemeriahan itu akan semakin menarik minat wisatawan datang ke Kota Pontianak. Pihaknya juga menggandeng Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) untuk mendukung perayaan CGM 2013. (K-4/EIO)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar