Pages

Minggu, 24 Februari 2013

India Akan Luncurkan Misi ke Mars


Sabtu, 23 Februari 2013 - 03:11:24 WIB

India Akan Luncurkan Misi ke Mars
Diposting oleh : Administrator 
komhukumimage
Komhukum (Jakarta) - India akan meluncurkan misi pertama ke Mars tahun ini, sebagai negara Asia yang sedang tumbuh untuk mengejar ketertinggalan dalam perlombaan ruang angkasa global bersama Amerika Serikat, Rusia, tetangga raksasanya, China.

"Beberapa misi ruang angkasa yang direncanakan untuk tahun 2013, termasuk misi pertama India ke Mars dan peluncuran satelit navigasi pertama kami," kata Presiden India Pranab Mukerjee sebagaimana dikutip Reuters.

India akan meluncurkan satelit pada Oktober nanti dengan pesawat ruang angkasa tak berawak ke orbit planet merah. Peluncuran dilakukan di pantai tenggara negara itu dalam misi yang diperkirakan memakan biaya 83 juta dolar, para ilmuwan yang menjadi bagian dari misi mengatakan.

Pesawat ruang angkasa yang dibuat di India tersebut akan memakan waktu sembilan bulan untuk mencapai Mars dan kemudian melepaskan satelit menuju ke orbit sekitar 500km dari planet.

Program eksplorasi ruang angkasa India dimulai tahun 1962. Pada tahun lalu, satelit Chandrayaan milik negara itu menemukan bukti keberadaan air di bulan. India sekarang berusaha untuk bisa mendaratkan penjelajah beroda di bulan pada 2014. (K-4/EIO)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar