Pages

Minggu, 17 Februari 2013

Menikmati Yu Shang Sampai Ikan Malas


Minggu, 17 Februari 2013 - 05:01:16 WIB

Menikmati Yu Shang Sampai Ikan Malas
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Kuliner 

komhukumimage
Komhukum (Jakarta) - Menyambut Tahun Baru China, warga keturunan Tionghoa biasanya mengadakan makan malam bersama dengan para anggota keluarga. Dengan demikian, mereka bisa berdoa bersama-sama untuk lebih mendapat keberkahan pada tahun mendatang.

Melihat momen keluarga tersebut, The Media Hotel & Towers yang berlokasi di Jalan Gunung Sahari, Jakarta, Sabtu (9/2), menghadirkan santap malam Prosperity Dinner, dengan 10 jenis hidangan yang dapat dinikmati terutama oleh para keluarga yang merayakan tahun baru.


Hidangan utama dan yang menjadi andalan yaitu Yu Shang atau salad China. Menu ini dipercaya menambah kebaikan, keberuntungan dan kesejahteraan sepanjang tahun. Cara memakannya pun tak sembarangan. Seluruh anggota keluarga yang hadir dalam acara makan tersebut harus mengaduk salad secara bersamaan.

Selain Yu Shang, kesembilan hidangan lain yang menjadi santapan terbuat dari aneka bahan utama. Mulai dari bebek, ikan, ayam, daging sapi, udang dan teripang. Bebek yang disajikan ialah bebek panggang dengan saus plum. Daging bebek sangat empuk dan kulitnya sedikit garing serta ada rasa manis.

Sedangkan hidangan ikan, terdapat beberapa jenis ikan. Mulai dari ikan malas yang dikukus dengan tahu dan sawi asin. Nama ikan malas terdengar sangat aneh, tapi siapa kira ikan ini ternyata sangat enak. Daging ikan lembut dan tak berduri. Ikan pun disajikan dengan menambahkan sedikit kuah yang tentunya sangat segar.

Menu ikan lain yaitu sup dari sirip ikan hiu. Sup ini agak kental, dan sirip ikan hiu kenyal seperti sedang memakan agar-agar. Hewan laut lain yang menjadi santapan yaitu teripang dan udang goreng. Teripang dimasak dengan jamur dan saus tiram. Sedangkan udang digoreng dengan sereal, akibatnya, kulit luar udang menjadi sangat garing.

Setelah makanan laut ada pula olahan daging sapi. Namun daging sapi yang disajikan ialah bagian iga. Iga sapi dimasak dengan saus barbekiu. Saus barbekiu sangat nikmat meresap ke dalam iga. Tak lengkap rasanya tanpa adanya sajian berbahan ayam. Olahan ayam ada pada tumis tahu yang disajikan dengan ayam cincang. Serta tak lupa pula menjadi bahan olahan bersama nasi goreng.

Nasi goreng yang disajikan cukup unik karena disajikan dengan dibungkus menggunakan daun teratai. Kenyang menyantap berbagai olahan daging dan ikan, ditutup dengan kesegaran sup melon. Melon dipotong sangat kecil-kecil sehingga mudah disantap, serta sirupnya yang tidak terlalu dingin segar di tenggorokan membuat yang mencicipi semakin lahap pastinya. (K-4/Sarah)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar