Pages

Senin, 25 Februari 2013

Mozilla Telah Merilis Video Firefox OS Pertamanya


Selasa, 26 Februari 2013 - 12:51:16 WIB

Mozilla Telah Merilis Video Firefox OS Pertamanya
Diposting oleh : Administrator 
komhukumimage
Komhukum (Jakarta) - Mozilla telah merilis video yang mendemonstrasikan kerja software sistem operasi (operating system) Firefox pertamanya.

CEO Mozilla Gary Kovacs menyatakan bahwa sistem operasi Firefox akan tersedia di Amerika Serikat pada 2014, namun ia tidak menyebut tanggal dan bulannya.

Tahun ini, perangkat lunak yang akan menjalankan sejumlah merk ponsel di awal debutnya itu, akan hadir di Brazil, Kolumbia, Hungaria, Meksiko, Montenegro, Polandia, Serbia, Spanyol, dan Venezuela, sementara di negara-negara lainnya menyusul kemudian.

OS yang berbasis HTML5 tersebut, kata Mozilla, akan tersedia di ponsel-ponsel yang diproduksi ZTE, Huawei, LG, dan Alcatel yang menggunakan prosesor Qualcomm Snapdragon.

Salah satu fitur menarik dari sistem operasi Firefox ialah pencarian untuk film. Dalam demonstrasi yang dibawakan Jay Sullivan, SVP Product Mozilla, dipertontonkan bagaimana aplikasi itu menjalankan pencarian film "Skyfall". Sejumlah aplikasi terkait-film juga muncul dalam pencarian.

OS Firefox, perangkat lunak open source seperti Android, akan mencoba memasuki pasar di tengah popularitas perangkat lunak Apple, iOs, dan Google Android.

Di awal kehadirannya, sejauh ini sudah ada 17 operator yang menyatakan berniat menggunakan OS Firefox, termasuk Sprint, America Movil, Unicom China, Deutsche Telekom, Etisalat, Hutchison Three Group, KDDI, KT, MegaFon, Qtel, SingTel, Smart, Telecom Italia Group, Telefonica, Telenor, TMN, dan VimpelCom. (K-4/EIO)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar