Pages

Rabu, 27 Februari 2013

Polisi Afghanistan Bius dan Membunuh 17 Rekannya


Kamis, 28 Februari 2013 - 06:33:02 WIB

Polisi Afghanistan Bius dan Membunuh 17 Rekannya
Diposting oleh : Administrator 
komhukumimage
Komhukum (Kabul) - Seorang polisi Afghanistan membius 17 rekannya dan menembak mati mereka Rabu (27/02) dengan bantuan Taliban, kata polisi.

Insiden itu merupakan yang terakhir dari serangkaian serangan "orang dalam" terhadap pasukan lokal dan asing yang melibatkan aparat keamanan Afghanistan dan Taliban, lapor Reuters.

Pembunuhan itu, yang terburuk dari serangan-serangan serupa dalam beberapa bulan terakhir ini, terjadi di sebuah pos terpencil Kepolisian Lokal Afghanistan (ALP) di provinsi Ghazni, Afghanistan timur.

"Seorang polisi lokal penyusup semula membius ke-17 rekannya itu dan kemudian menghubungi Taliban dan mereka bersama-sama menembak mati semua polisi itu," kata detektif utama kepolisian Ghazni, Mohammad Hassan, kepada Reuters.

Tujuh dari mereka yang tewas adalah polisi baru direkrut yang masih menjalani pelatihan, kata beberapa pejabat. Taliban mengklaim bertanggung jawab atas serangan itu dalam sebuah pesan teks yang dikirim oleh juru bicaranya, Zabihullah Mujahid.

Program ALP yang berkembang pesat adalah prakarsa rancangan AS untuk merekrut warga setempat menjadi aparat keamanan untuk daerah mereka. Pasukan itu dituduh melakukan pelanggaran-pelanggaran dan korupsi luas. Pada September, Afghanistan membekukan pelatihan bagi rekrutan baru ALP setelah serangkaian serangan orang dalam terhadap pasukan asing.

Presiden Hamid Karzai dan negara-negara Barat pendukungnya telah sepakat bahwa semua pasukan tempur asing akan kembali ke negara mereka pada akhir 2014, namun Barat berjanji memberikan dukungan yang berlanjut setelah masa itu dalam bentuk dana dan pelatihan bagi pasukan keamanan Afghanistan.

NATO bertujuan melatih 350.000 prajurit dan polisi Afghanistan pada akhir 2014 untuk menjamin stabilitas di negara itu, namun tantangan-tantangan tetap menghadang dalam proses peralihan itu. Desersi, penugasan yang buruk dan semangat rendah termasuk diantara masalah utama yang menyulitkan para komandan NATO dan Afghanistan.

Serangan "orang dalam" oleh aparat keamanan Afghanistan terhadap rekan dan mentor NATO mereka telah menewaskan lebih dari 60 prajurit asing, yang secara serius merongrong kepercayaan antara kedua pasukan tersebut. Pada Oktober 2011, Taliban berjanji akan berperang sampai semua pasukan asing meninggalkan Afghanistan.

Taliban, yang memerintah Afghanistan sejak 1996, mengobarkan pemberontakan sejak digulingkan dari kekuasaan di negara itu oleh invasi pimpinan AS pada 2001 karena menolak menyerahkan pemimpin Al Qaeda Osama bin Laden, yang dituduh bertanggung jawab atas serangan di wilayah Amerika yang menewaskan sekitar 3.000 orang pada 11 September 2001.

Sekitar 130.000 personel Pasukan Bantuan Keamanan Internasional (ISAF) pimpinan NATO yang berasal dari puluhan negara dikirim ke Afghanistan untuk membantu pemerintah Kabul memerangi pemberontakan Taliban dan sekutunya.

Gerilyawan Taliban sangat bergantung pada penggunaan bom pinggir jalan dan serangan bunuh diri untuk melawan pemerintah Afghanistan dan pasukan asing yang ditempatkan di negara tersebut. Bom rakitan yang dikenal sebagai IED (peledak improvisasi) mengakibatkan 70-80 persen korban di pihak pasukan asing di Afghanistan, menurut militer. (K-4/EIO)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar