Pages

Rabu, 27 Februari 2013

Pria Selandia Baru Tewas Diserang Hiu


Rabu, 27 Februari 2013 - 19:01:10 WIB

Pria Selandia Baru Tewas Diserang Hiu 
Diposting oleh : Administrator 
komhukumimage
Komhukum (Wellington) - Seorang pria Selandia Baru diserang dan dibunuh oleh hiu putih besar pada Rabu (27/02) dalam insiden langka hiu mematikan di negara itu, mendorong polisi untuk melepaskan tembakan.

Polisi mengatakan, mereka melepaskan tembakan pada hiu itu setelah seorang pria tewas digigit di pantai Muriwai yang terletak sekitar 40 kilometer (25 mil) sebelah barat laut Auckland, salah satu dari banyak pantai tak putus sepanjang pantai barat kepulauan North yang dikenal dengan perairan selam alami mereka.

Regu penyelamatan dikutip oleh media lokal mengatakan bahwa hiu itu adalah "hiu putih", yang umumnya dikenal sebagai putih besar, berukuran panjang sekitar empat meter (13 kaki).

Saksi mengatakan helikopter penyelamat juga melepaskan tembakan-tembakan pada hiu itu.

"Kami melihat sirip hiu, dan menit berikutnya, boom, serangan datang. Ada darah di mana-mana di atas air," kata saksi mata Pio Mosie seperti dikutip oleh situs berita lokal Stuff.co.nz.

"Mereka melepaskan enam atau tujuh tembakan kepada hiu, tiga dari helikopter polisi dan beberapa tembakan dari penjaga pantai. Saya tidak tahu apakah mereka membunuh hiu atau tidak," tambahnya.

Kepala dinas sukarelawan lokal penjaga pantai dikutip mengatakan mereka telah menegaskan bahwa "satu atau dua" hiu terlihat, tetapi tidak ada satupun yang terlihat sejak tubuh manusia naas itu hilang ditelan air.

Serangan hiu jarang terjadi di Selandia Baru, di mana olah raga air dan hari libur pantai adalah ritual musim panas.

Lebih dari 60 spesies hiu yang dikenal suka berenang di perairan negara itu.

Empat belas serangan maut telah dilaporkan sejak pencatatan dimulai sekitar tahun 1837, menurut Departemen Konservasi negara itu dan menambahkan bahwa serangan hiu non-fatal rata-rata terjadi sekitar dua kali setiap tahun.

Serangan terakhir yang terkait dengan kematian terjadi pada tahun 2009, ketika atlet kayak diserangan oleh hiu putih besar di dekat Semenanjung Coromandel, meskipun korban tenggelam sebelum serangan telah diperdebatkan.

Menurut Catatan Serangan Hiu Internasional, 11 serangan maut hiu dilaporkan tahun lalu, termasuk tiga di Australia dan Afrika Selatan, hampir tiga kali lipat dari jumlah rata-rata kematian tahunan pada tahun 2001 sampai 2010.(K-5/el)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar