Pages

Minggu, 17 Maret 2013

Seekor Hiu Mati Stres Setelah Syuting Iklan


Sabtu, 16 Maret 2013 - 12:06:10 WIB

Seekor Hiu Mati Stres Setelah Syuting Iklan
Diposting oleh : Administrator 
komhukumimage
Komhukum (Los Angeles) - Seekor hiu putih yang dibawa dari New York untuk dilibatkan dalam iklan toserba Kmart di Los Angeles mati setelah menunjukkan sejumlah tanda-tanda stres, kata petugas dari kelompok pemantau hewan, Kamis.

American Humane Association (AHA) yang memberikan izin untuk proses produksi film dan tayangan televisi yang melibatkan hewan, memiliki seorang perwakilan di tempat pengambilan gambar iklan tersebut pada 6 Maret dan mengatakan pihaknya telah melakukan segala hal dimungkinkan untuk menjamin keselamatan hiu berukuran 1,5 meter itu.

Kematian hewan tersebut diikuti dengan serangkaian kritik atas penggunaan hewan dalam proses produksi di Hollywood. Tahun lalu, acara pertunjukan balap kuda "Luck" yang tayang di HBO dihentikan setelah tewasnya tiga kuda yang digunakan dalam syuting serial drama itu.

Kelompok perlindungan hewan People for the Ethical Treatment of Animals (PETA) mengatakan merek telah menerima laporan rinci tentang kematian hiu tersebut dari dua orang yang merupakan kru produksi iklan. Mereka mengritik AHA sekaligus menyebut mereka bertanggung jawab atas tewasnya hewan itu.

"Hiu merupakan hewan sensitif yang ketika ditangkap membutuhkan lingkungan khusus dan terkendali guna menjamin hidupnya," tulis PETA dalam suratnya.

Dengan mempertimbangkan kebiasaan alami hewan itu, PETA mempertanyakan mengapa AHA menyetujui pemindahan hewan itu dan penggunaannya dalam iklan.

Hiu itu ditempatkan di sebuah tanki berukuran 227 liter di wilayah pinggiran Van Nuys di Los Angeles, kata Karen Rosa, konsultan senior untuk unit televisi dan film dari AHA. Dia menambahkan jumlah air yang dimasukkan ke dalam tanki seharusnya cukup untuk memberikan ruang bagi hewan itu.

"Sejujurnya kami tidak mengetahui penyebab hewan itu, hiu itu tidak ditangani secara asal-asalan maupun dilukai," kata Rosa.

Sebelumnya pada hari yang sama, hiu itu masih tampak sehat, tetapi perwakilan dari AHA melihat adanya tanda stres yang dialami hewan tersebut, katanya.

Oksigen sempat dipompakan ke tangki dan hewan itu juga diberikan suntikan adrenalin untuk menstabilkan kondisinya sebelum dipindahkan ke sebuah akuarium khusus untuk mendapat perawatan, tetapi hiu itu kemudian mati.

Pengambilan gambar itu untuk membuat iklan toserba Kmart, tetapi perwakilan dari waralaba toserba itu tidak menyebutkan konsep seperti apa yang ditampilkan dalam iklan tersebut.

"Kami menyikapi hal ini dengan serius dan faktor keselamatan selalu menjadi kekhawatiran utama kami," kata Howard Riefs, juru bicara dari Sears Holding yang menaungi Kmart dalam pernyataan. (K-5/el)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar