Pages

Minggu, 17 Maret 2013

Wisata Karimun Jawa Belum Tergarap


Minggu, 17 Maret 2013 - 20:36:15 WIB

Wisata Karimun Jawa Belum Tergarap
Diposting Oleh : Administrator
Kategori: Info Wisata 

komhukumimage
Komhukum (Jepara) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah mengungkap potensi wisata di Kepulauan Karimun Jawa, Kabupaten Jepara, yang tergarap belum mencapai 50 persen dari keseluruhan.

"Saat ini kami masih mengutamakan eksplorasi potensi wisata air di Kepulauan Karimun Jawa seperti menyelam, memancing, dan snorkling," kata Kepala Balai Pelayanan Informasi dan Pengembangan Usaha Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah Puji Joharnoto di Jepara, Minggu (17/03).

Ia menjelaskan, di Kepulauan Karimun Jawa terdapat 18 titik menyelam (diving) antara lain di Pulau Geleang, Pulau Sintok, Pulau Tengah, Pulau Menyawakan, Pulau Cemara Besar, Pulau Legan Moto, Pulau Tanjung Gelam, Pulau Katang, Pulau Kumbang, dan Pulau Menjangan Kecil.

"Di Pulau Karimun Jawa juga terdapat potensi wisata darat yakni hiking, tracking, berjalan kaki di kawasan hutan mangrove, berkemah, wisata religi, dan wisata budaya," ujarnya.

Ia mengatakan, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kepulauan Karimun Jawa pada tahun 2012 tercatat sebanyak 53.633 wisatawan nusantara, sedangkan wisatawan asing sebanyak 13.705 orang.

"Pada tahun 2013 ini diperkirakan jumlah wisatawan yang berkunjung ke Karimun Jawa lebih banyak dibandingkan tahun sebelumnya karena ada tren peningktan," katanya.

Puji mengakui, jumlah armada untuk mengangkut para wisatawan ke Kepulauan Karimun Jawa belum memadai sehingga mempengaruhi minat wisatawan yang berkunjung.

"Saat ini para wisatawan yang berkunjung ke Karimun Jawa dapat menggunakan kapal Motor Cepat Kartini 1, Kapal Mesin Penumpang Muria, Kapal Cepat Express Cantik 89, dan pesawat jenjs Cassa 212," ujarnya.

Ke depan katanya, Dinbudpar Jateng akan berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan provinsi setempat agar menambah frekuensi jadwal keberangkatan KMC Kartini 1 menjadi tiga kali keberangkatan dalam satu minggu.

"Selain itu, kami juga terus menggali dan mengembangkan potensi wisata di Karimun Jawa yang memiliki keanekaragaman kekayaan hayati yang menarik untuk dijadikan sebagai daya tarik wisata," katanya. (K-2/yan)


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar