Pages

Selasa, 08 Januari 2013

Kehadiran Kapal China Diprotes Jepang

Rabu, 09 Januari 2013 - 02:53:47 WIB
Kehadiran Kapal China Diprotes Jepang
Diposting oleh : Administrator 
komhukumimage
Komhukum (Tokyo) - Pemerintah Jepang memanggil duta besar China untuk menyampaikan protes terhadap kehadiran kapal-kapal pemerintah di sekitar kepulauan yang diperebutkan kedua negara.

Duta Besar China di Tokyo, Cheng Yonghua ditemui oleh Wakil Menteri Luar Negeri Jepang Akitaka Saiki pada Selasa (08/01). Pemanggilan dilakukan setelah empat kapal pemerintah China berada di wilayah perairan sekitar kepulauan tersebut selama sekitar 13 jam mulai Senin petang

(07/01) hingga lewat tengah malam.

Kementerian Jepang mengatakan telah meminta China untuk berhenti mengirim kapal-kapal ke perairan di sekitar kepulauan yang dikendalikan oleh Jepang. Gugusan pulau itu di Jepang dikenal dengan nama Senkaku dan di Cina disebut Diaoyu.

Penyampaian protes Jepang kali ini merupakan yang pertama sejak Perdana Menteri Shinzo Abe berkuasa dua pekan lalu. Menurut Kementerian Luar Negeri Jepang, Duta Besar Cheng Yonghua menanggapi protes tersebut dengan menegaskan kembali bahwa China berhak atas kepulauan itu.

Jepang sebelumnya juga pernah menyampaikan protes resmi terhadap tindakan China di sekitar kepulauan sengketa. Pada tanggal 13 Desember 2012, Jepang memanggil duta besar China setelah Beijing mengirim pesawat ke wilayah tersebut. Kehadiran pesawat China itu dikejar oleh sejumlah pesawat tempur Jepang. (K-4/EIO)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar